Uji Coba Sirih Gading sebagai Penjernih Air serta Manfaatnya bagi Kualitas Udara

Uji Coba Sirih Gading sebagai Penjernih Air serta Manfaatnya bagi Kualitas Udara

Dalam artikel yang termuat di BPPSDMP Kementerian Pertanian, menyatakan bahwa Sirih Gading merupakan tanaman hias merambat yang cukup mudah dirawat. 

Gambar 1. Sirih Gading | photo by : celitama.com

Agar tanaman yang memiliki nama ilmiah Epipremnum auerum ini tumbuh sehat maka ada beberapa kondisi yang harus terpenuhi yakni :
  • Penentuan Lokasi Tanam yang Tepat
Tanaman sirih gading mudah beradaptasi pada lingkungan yang luas dan tidak langsung terkena cahaya. Kondisi ini menyebabkan sirih gading sangat cocok untuk diletakkan didalam ruangan, Berdasarkan tulisan jurnal dengan judul Pengaruh Tanaman Sirih Gading (Epipremnum aureum) Terhadap Polutan Udara Dalam Ruangan (2019), Putrianingsih & Dewi menyatakan bahwa Tanaman sirih gading memiliki manfaat sebagai tanaman anti polutan yang efektif mengurangi pencemaran udara di dalam ruangan khususnya gas CO yang dihasilkan dari asap rokok. Tentu hasil penelitian ini menambah wawasan publik terkait kegunaan dari sirih gading selalin daripada manfaat estetikanya;
  • Media Tanam yang digunakan
Tanaman sirih gading dapat hidup di tanah maupun air, namun demikian perpindahan yang tiba-tiba dari air ke tanah dan sebaliknya akan membuat tanaman menjadi kurang optimal dalam pertumbuhannya. Hal yang menarik adalah tanaman sirih gading ini dapat pula difungsikan untuk menjadi penjernih air, argumen ini didasarkan pada percobaan penulis yang akan dijelaskan pada paragraf berikutnya;
  • Pemupukan
Selayaknya tanaman pada umumnya, tentu sirih gading membutuhkan nutrisi dan dipupuk paling tidak setiap 3 (tiga) bulan agar dapat tumbuh optimal. Tentu pupuk terbaik adalah pupuk organik, dimana dapat kita buat dari limbah rumah tangga, untuk cara pembuatannya dapat disimpak pada tulisan lainnya pada blog ini. Namun demikian penggunaan pupuk NPK mutiara 16-16-16 juga dapat diberikan 2 minggu sekali, dimana dosis yang dibutuhkan untuk pupuk NPK sebanyak 1/4 sendok teh yang dilarutkan ke dalam 1 liter air. Bagi yang memiliki Aquarium, sirih gading ini sangat bagus untuk ditanam pada sistem filternya, karena tanaman akan mendapat nutrisi dari kotoran pada air aquarium yang bersirkulasi selayaknya teknik Aquaponik;
  • Penyiraman
Penyiraman yang optimal adalah pada pagi hari, supaya tanaman dapat berfotosintesis dengan baik. Tentunya hal ini hanya berlaku untuk sirih gading yang berada ditanah.

Sirih Gading sebagai Penjernih Air

Dalam opini artikel Kompas (2021), Claudia menyatakan bahwa sirih gading dapat menambah pasokan oksigen di dalam air. Disamping itu sirih gading juga dapat menghalau polutan. Karenanya tanaman ini sering kali ditanam dalam kolam dan di atas filter kolam untuk menjernihkan air.

Berdasarkan argumen diatas, penulis mencoba untuk melakukan percobaan secara sederhana untuk menguji argumen tersebut, hal ini diterapkan melalui media air dengan menggunak wadah kaca dan juga ikan cupang untuk memicu kotoran, baik dari kotoran ikannya sendiri maupun residu dari pakan ikan, serta tentunya tanaman sirih gading.

Timeline ujicoba :

  • Percobaan dimulai pada tanggal 28 Mei dengan alat sampel berupa 2 (dua) wadah ikan cupang dengan 1 (satu) wadah yang diisi sirih gading dan 1 (satu) wadah lagi yang tidak berisi sirih gading.

Gambar 1. Ujicoba 28 Mei 2023 | photo by : celitama.com

  • Pada tangga Percobaan dimulai pada tanggal 31 Mei 2023 pada wadah yang tidak ada sirih gadingnya, air tampak mulai keruh.

Gambar 3. Uji Coba 31 Mei 2023 | photo by : celitama.com

  • Pada tanggal 03 Juni Mei 2023 (sekitar seminggu) dapat dilihat pada wadah yang berisi sirih gading (bagian kanan) airnya tampak lebih jernih dibandingkan dengan yang tanpa sirih gading.

Gambar 4. Perbandingan Dampak Sirih Gading | photo by : celitama.com

  • Apabila diamati lebih dekat, tampak kotoran dan residu menempel pada akar-akar sirih gading, dan diserap oleh tanaman sebagai sumber nutrisinya. Kondisi ini menegaskan argumen diatas bahwa tanaman sirih gading dapat menjadi alternatif yang bagus untuk filterisasi kolam maupun aquarium.

Gambar 5. Sirih Gading | photo by : celitama.com
  • Dalam kondisi sirih gading diaplikasikan pada filter air aquarium (dengan kondisi air mengalir), maka pertumbuhan sirih gading dapat menjadi lebih baik. Hal ini dibuktikan dari warna daun yang sehat dan juga pertumbuhan yang optimal serta batang tanaman yang kokoh
Gambar 6. Sirih Gading sebagai Filter | photo by : celitama.com

Kesimpulan

Tanaman sirih gading (Epipremnum Aureum) merupakan tanaman hias yang memiliki manfaat sebagai tanaman anti polutan yang efektif mengurangi pencemaran udara, dan dapat ditanamkan pada media tanah maupun air. Menariknya pada media air, tanaman sirih gading dapat menjadi media penyaring kotoran yang baik serta berdampak pula pada kondisi pertumbuhan tanaman sirih gading itu sendiri. 

Selengkapnya dapat disimak pada video berikut :



Referensi 

 

BBPPKupang “Langkah Tepat Merawat Tanaman Sirih Gading Agar Tumbuh Sehat 26 Juli 2021, https://bbppkupang.bppsdmp.pertanian.go.id/blog/langkah-tepat-merawat-tanaman-sirih-gading-agar-tumbuh-sehatDiakses 18 Oktober 2023


Kompas 5 Tanaman Air yang Ampuh Membersihkan dan Menjernihkan Air Kolam 30 Juli 2021, https://www.kompas.com/homey/read/2021/07/30/200000576/5-tanaman-air-yang-ampuh-membersihkan-dan-menjernihkan-air-kolamDiakses 18 Oktober 2023


Putrianingsih, Yuniar, dan Yustriani Sapta Dewi. "Pengaruh Tanaman Sirih Gading (Epipremnum aureum) Terhadap Polutan Udara Dalam Ruangan." Jurnal TechLINK Vol. 3 No.1, (2019):15.



Rate this article

Getting Info...

Post a Comment

Copyright ©Celitama.com - All rights reserved.

Redesign by bloggun.xyz
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
More Details